Kamis, 06 Desember 2012

MENGATASI PESAN ERROR "//.... Is Not Accessible. You Might Not Have... " PADA JARINGAN


Pernah mengalami pesan error seperti gambar di atas??
pesan error tersebut pernah membuat saya kebingungan ketika saya diminta untuk menangani instalasi sebuah program yang membutuhkan file sharing untuk menentukan lokasi database. di instansi tersebut terdapat 4 PC yang sudah ada instalasi jaringan. perkiraan saya waktu yang saya perlukan mungkin hanya sekitar 1 jam untuk install 4 PC. tapi rencana saya ternyata berbeda dengan rancangan Tuhan..hehehe... entah karena emang setting jaringan di buat seperti itu oleh pihak instalasi jaringan atau bagaimana. terdapat masalah ketika saya coba browse untuk mengarahkan ke database komputer server muncul pesan error seperti gambar di atas.. padahal dari komputer server ke komputer lain lancar tidak ada masalah sama sekali, tapi dari komputer client browse ke komputer server selalu muncul pesan error. saya coba ping semua komputer client jaringan tidak ada masalah..semua lancar.. kabel saya bolak balik tukar satu komputer ke komputer lain tetep ga mengatasi permasalahan. maklum saja dengan kemampuan jaringan pas-pasan yang saya bisa lakukan hanya bisa trial n error.. hehe...
kurang lebih 4 jam berkutat dengan teka-teki tersebut ahirnya masalah terselesaikan dan ternyata hanya hal sepele yang menyebabkan saya kebingungan mengatasi masalah tersebut.. permasalahan ada pada security setting jaringan komputer tersebut.... haahhhh sudah hampiiiirrr aja putus asa install ulang itu komputer server..(biasa dilakukan kalau tukang servis sudah menemui jalan buntu hihi)..
belajar dari pengalaman tersebut saya ingin share cara menangani permasalahan pada jaringan seperti yang saya alami..supaya ga ada lagi yang dibuat bingung dengan hal sepele tersebut dan melakukan beberapa hal "bodoh" seperti saya (saking judhek'e).

GINI NI SOLUSINYA.....

1. buka "GPEDIT.MSC" melalui menu run pada komputer yang tidak bisa di access oleh komputer lain


2. pilih "Computer Configuration>Windows Setting>Security Setting>Local Policies>User Rights Assignments" kemudian doble click Access This Computer From the Network(paling atas)


3. Cek apakah terdapat "everyone" pada list? kalau tidak ada klik "Add User or Group".

4. ketikan "everyone" lalu klik "OK" maka "everyone" akan muncul pada list

5. Apply kemudian OK dan restart komputer
6. komputer sudah bisa di access oleh komputer client mungkin pesan error tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, dan inilah salah satunya berdasar pengalaman yang saya alami... semoga bisa membantu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar